10 Dzulhijjah merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Selain puncak dari Ibadah Haji, umat Islam yang tidak melaksanakan Ibadah Haji juga dianjurkan untuk berkurban sebagai bentuk ketaatan akan perintah Allah SWT. Idul Adha pada tahun ini bertepatan pada hari Senin, 12 September 2016.

Perayaan Idul Adha di Asy-Syukriyyah pada tahun ini dimulai dengan pelaksanaan Sholat Idul Adha pada hari Senin, 12 September 2016, yang bertempat di lapangan Yayasan Islam Asy-Syukriyyah. Sementara penyembelihan hewan kurban sendiri dilaksanakan keesokan harinya, yakni pada hari Selasa, 13 September 2016.

Penyembelihan hewan kurban pada tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Dimana terdapat sebanyak 7 (tujuh) ekor sapi dan 16 (enam belas) ekor kambing untuk disembelih. Hewan kurban ini didapat dari para orang tua murid serta dewan guru yang menitipkan hewan kurbannya pada panitia, serta tak ketinggalan pula dari seluruh siswa-siswa yang berpatungan untuk membeli hewan kurban.

Panitia Idul Adha dibawah koordinasi Lembaga Dakwah dan Swadaya Masyarakat (LDSM) Asy-Syukriyyah, membagikan 1000 (seribu) kupon yang dibagikan untuk masyarakat sekitar serta Dewan Guru dan Pegawai Asy-Syukriyyah. Panitia juga bekerjasama dengan lembaga zakat PKPU, yang menyumbangkan satu ekor sapi untuk disembelih di Asy-Syukriyyah untuk didistribusikan ke masyarakat sekitar.