Jum’at, 17 Agustus 2018 merupakan hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia, yang merupakan hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Seluruh Instansi baik pemerintah maupun swasta melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih. Tak ketinggalan pula Yayasan Islam Asy-Syukriyyah melaui Lembaga Pendidikan Islam Asy-Syukriyyah (LPIA) juga ikut menyelenggarakan upacara pengibaran bendera.

Guru, pegawai, serta siswa/i antusias mengikuti prosesi kegiatan dari awal hingga akhir. Petugas upacara merupakan siswa/i terpilih yang mewakili unit pendidikan masing-masing. Mereka dilatih oleh tim pelatih mulai 2 (dua) minggu sebelum hari H.

Bapak Pratama, M.Pd. selaku Direktur Pendidikan Yayasan Islam Asy-Syukriyyah, yang juga sekaligus bertindak sebagai pembina upacara dalam orasinya mengatakan bahwa “Indonesia merdeka adalah hasil jerih payah para pahlawan, dan kebanyakan para pahlawan itu juga merupakan para tokoh Islam serta Ulama, sebut saja Tuanku Imam Bonjol, Cut Nyak Dien, Jendral Sudirman, Bung Tomo, KH. Hasyim Ashari, KH. Ahmad Dahlan, dan masih banyak yang lainnya. Oleh sebab itu kita sebagai pelajar sudah seharunya mengikuti jejak para pahlawan tersebut, yakni berani berjuang serta dekat dengan sang pencipta, Allah SWT.”